Posts Tagged With: jerawat

Tips mencegah Jerawat dengan murah, rah…

Bukan kah lebih baik mencegah daripada mengobati ??? kata-kata ini lagi nih yang muncul, ternyata memang benar jika kata-kata ini sering digunakan, Mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati….

Nah, kadang kita pusing soal wajah kita, terutama kaum hawa, mereka pasti sibuk sekali merawat wajah mereka dengan masker lah, obat anti jerawat lah, dll. Saya juga sebagai kaum adam tentu ingin wajah saya bersih alami dan g saya dikaruniai Allah wajah yang bersih. Sekedar informasi saja, ternyata ada tips-tips khusus bagaimana mencegah jerawat, jadi saya sharing saja (sebagian saya ambil dari artikel dan pengalaman pribadi):

  1. Rajin membersihkan wajah, ini adalah salah satu kunci untuk wajah tetap bersih dan sehat, kapan saja sih wajah harus dibersihkan ?? Saya sarankan jangan terlalu sering juga karena wajah kitaternyata bisa menjadi sensitif terhadap pembersih-pembersih wajah, teman saya mengalaminya, wajahnya yang dulu mulus dan halus menjadi rusak dan berjerawat. Nah, sebaiknya kita membersihkan wajah seperlunya saja, jika wajah kita sangat berminyak, sebaiknya kita bersihkan karena minyak berlebih diwajah dapat menyebabkan jerawat. Lalu, jika saya menyarankan jika habis jalan/berkendaraan dimana tempat itu banyak sekali debu dan asap knalpot sebaiknya  Anda memebersihkan wajah Anda karena banyak kuman-kuman dan zat kimia disana.
  2. Sebaiknya singkirkan rambut Anda dari wajah Anda, Kenapa ? karena Rambut akan menjadi kotor dan berminyak saat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Bila rambut menyentuh wajah, maka kotoran tersebut dapat pindah ke wajah kita dan dapat menimbulkan jerawat. Jadi jika ingin melakukan pencegahan sebaiknya cara ini dilakukan. 🙂
  3. Cuci sarung bantal dan seprei Anda secara teratur. Sebagai anak kosan kadang kali kita malas untuk membersihkan sarung bantal dan seprei kita, tetapi ternyata ini tidaklah  baik untuk wajah kita, kenapa sih ? nih penjelasannya, kita tahu Rambut yang kotor atau wajah yang tidak bersih dapat menyebabkan kuman dan kotoran berpindah di sarung bantal atau seprei saat kita menggunakan bantal. Kemudian, pada saat yang lain saat wajah menempel di bantal, kotoran tersebut kembali menempel di wajah kita. Apalagi kalaukita sempat-sempatnya membuat sebuah pulau di bantal kita, hehe..:D
  4. Kurangi penggunaan kosmetik atau pembersih wajah. Seperti yang saya katakan pada poin satu, ternyata penggunaan yang berlebihan memang tidak baik. Menggunakan kosmetik dapat menyumbat pori-pori wajah. Sumbatan ini membuat pori-pori tidak bernafas dengan baik. Pilihlah kosmetik yang berbahan dasar air yang dapat mengurangi potensi timbulnya jerawat dibanding kosmetik yang berbahan dasar minyak. Dan juga kadang dalam produk kosmetik tertentu ada bahan kimia berbahaya yang malah dapat merusak wajah kita.
  5. Minum air putih 8 gelas sehari (4 liter), loh kok apa hubungannya ??? Jadi ternyata minum air putih yang banyak itu sehat. Kenapa sih ?? Jadi gini nih ceritanya, Mengkonsumsi air yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan zat tidak berguna yang ada di tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat. Selain itu kita,  juga menjadi sehat buktikan deh, kalau kita sakit, pasti Sang dokter menyarankan kita untuk mengkonsumsi banyak air.
  6. Jangan pencet jerawat Anda !!! Tangan yang kotor saat anda memegang dan memencet jerawat memicu meningkatnya minyak dan kotoran di wajah. Saat memencet jerawat, lapisan yang ada di bawah kulit dapat menjadi rusak dan menyebabkan minyak wajah menyebar ke bagian lain dari wajah sehingga jerawat timbul semakin banyak.

Nah, mungkin itu saha tips-tips yang bisa saya berikan, Tips-tips itu saya dapatkan dari artikel-artikel terkait dan saya tambahkan dengan pengalaman pribadi saya.  Semoga bermanfaat.

Advertisements
Categories: kesehatan | Tags: , , , | 1 Comment

Emang bener kacang bikin jerawatan ??????

nih, sedikit info aja…

pasti temen-temen banyak nih yang masih ngira kalo makan kacang atau cokelat tuh buat jerawatan…

awalnya sih gw juga terbawa mitos ini, tapi gw gak percaya, masalahnya gw doyan makan cokelat, tapi Alhamdulillah jerwat gw gak banyak (masih mulus lah) ;p

gak sedikit yang percaya mitos kacang dan cokelat menyebabkan jerawat. Wah, padahal pas lebaran dan ulang tahun kamu nanti kedua makanan ini sering dihidangkan saat bersilaturahmi atau diberikan oleh orang yang katanya “spesial”, martabak kale yah ?

jadi,Bagaimana ini?

Sebenarnya belum ada penelitian yang membuktikan mengonsumsi kacang dan cokelat, juga makanan pedas bisa menyebabkan jerawat. Karena penyebab jerawat adalah meningkatnya kadar minyak dan adanya sumbatan pori-pori. Selain kurang menjaga kebersihan kulit, penggunaan kosmetik yang menyumbat pori juga bisa membuat jerawat timbul.

Agar jerawat tidak sampai mengganggu penampilan, Anda bisa mencegahnya.

Caranya dengan menghindari konsumsi buah-buahan dari golongan sitrus (jeruk) dan makanan tinggi yodium seperti udang, kerang, dan cumi-cumi. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial yang berasal dari biji-bijian.

Stres dan kurang tidur juga bisa membuat jerawat muncul, lho. Bila kita kurang tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon seperti DHEA yang akan membuat jerawat semakin parah.

Jadi, silakan saja mengonsumsi kacang atau cokelat, selama tidak berlebihan. Semoga si jerawat takkan muncul.

Categories: Artikel sehari-hari, kesehatan | Tags: , , , , , | Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.