kesehatan

Tips mencegah Jerawat dengan murah, rah…

Bukan kah lebih baik mencegah daripada mengobati ??? kata-kata ini lagi nih yang muncul, ternyata memang benar jika kata-kata ini sering digunakan, Mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati….

Nah, kadang kita pusing soal wajah kita, terutama kaum hawa, mereka pasti sibuk sekali merawat wajah mereka dengan masker lah, obat anti jerawat lah, dll. Saya juga sebagai kaum adam tentu ingin wajah saya bersih alami dan g saya dikaruniai Allah wajah yang bersih. Sekedar informasi saja, ternyata ada tips-tips khusus bagaimana mencegah jerawat, jadi saya sharing saja (sebagian saya ambil dari artikel dan pengalaman pribadi):

  1. Rajin membersihkan wajah, ini adalah salah satu kunci untuk wajah tetap bersih dan sehat, kapan saja sih wajah harus dibersihkan ?? Saya sarankan jangan terlalu sering juga karena wajah kitaternyata bisa menjadi sensitif terhadap pembersih-pembersih wajah, teman saya mengalaminya, wajahnya yang dulu mulus dan halus menjadi rusak dan berjerawat. Nah, sebaiknya kita membersihkan wajah seperlunya saja, jika wajah kita sangat berminyak, sebaiknya kita bersihkan karena minyak berlebih diwajah dapat menyebabkan jerawat. Lalu, jika saya menyarankan jika habis jalan/berkendaraan dimana tempat itu banyak sekali debu dan asap knalpot sebaiknya  Anda memebersihkan wajah Anda karena banyak kuman-kuman dan zat kimia disana.
  2. Sebaiknya singkirkan rambut Anda dari wajah Anda, Kenapa ? karena Rambut akan menjadi kotor dan berminyak saat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Bila rambut menyentuh wajah, maka kotoran tersebut dapat pindah ke wajah kita dan dapat menimbulkan jerawat. Jadi jika ingin melakukan pencegahan sebaiknya cara ini dilakukan. 🙂
  3. Cuci sarung bantal dan seprei Anda secara teratur. Sebagai anak kosan kadang kali kita malas untuk membersihkan sarung bantal dan seprei kita, tetapi ternyata ini tidaklah  baik untuk wajah kita, kenapa sih ? nih penjelasannya, kita tahu Rambut yang kotor atau wajah yang tidak bersih dapat menyebabkan kuman dan kotoran berpindah di sarung bantal atau seprei saat kita menggunakan bantal. Kemudian, pada saat yang lain saat wajah menempel di bantal, kotoran tersebut kembali menempel di wajah kita. Apalagi kalaukita sempat-sempatnya membuat sebuah pulau di bantal kita, hehe..:D
  4. Kurangi penggunaan kosmetik atau pembersih wajah. Seperti yang saya katakan pada poin satu, ternyata penggunaan yang berlebihan memang tidak baik. Menggunakan kosmetik dapat menyumbat pori-pori wajah. Sumbatan ini membuat pori-pori tidak bernafas dengan baik. Pilihlah kosmetik yang berbahan dasar air yang dapat mengurangi potensi timbulnya jerawat dibanding kosmetik yang berbahan dasar minyak. Dan juga kadang dalam produk kosmetik tertentu ada bahan kimia berbahaya yang malah dapat merusak wajah kita.
  5. Minum air putih 8 gelas sehari (4 liter), loh kok apa hubungannya ??? Jadi ternyata minum air putih yang banyak itu sehat. Kenapa sih ?? Jadi gini nih ceritanya, Mengkonsumsi air yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan zat tidak berguna yang ada di tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat. Selain itu kita,  juga menjadi sehat buktikan deh, kalau kita sakit, pasti Sang dokter menyarankan kita untuk mengkonsumsi banyak air.
  6. Jangan pencet jerawat Anda !!! Tangan yang kotor saat anda memegang dan memencet jerawat memicu meningkatnya minyak dan kotoran di wajah. Saat memencet jerawat, lapisan yang ada di bawah kulit dapat menjadi rusak dan menyebabkan minyak wajah menyebar ke bagian lain dari wajah sehingga jerawat timbul semakin banyak.

Nah, mungkin itu saha tips-tips yang bisa saya berikan, Tips-tips itu saya dapatkan dari artikel-artikel terkait dan saya tambahkan dengan pengalaman pribadi saya.  Semoga bermanfaat.

Advertisements
Categories: kesehatan | Tags: , , , | 1 Comment

Enaknya Sarapan Pagi…

Hmmm…

nasiuduk

saya baru baca artikel baru nih, tentang MANFAAT SARAPAN PAGI. Hmmm, mungkin kita sudah tidak asing lagi kan dengan hal ini, saya yakin teman-teman semua melakukan aktivitas ini sebelum melakukan aktivitas inti (bekerja/kuliah). Saya yakin temen-temen hanya melakukan aktivitas ini karena memang sudah rutinitas sehari-hari tanpa tahu sebenarnya dari hal yang kita lakukan setiap pagi ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Apa aja sih ? Yuk kita lihat nih (berdasar artikel yang saya baca dan pengalaman pribadi saya.

  • Sarapan bermanfaat menggantikan energi (gula) kita yang kita pakai saat kita beristirahat (wah, ternyata tidur itu membuang energi juga yah ?). Saya pribadi pun mengakuinya, karena biasanya sehabis bangun dari tidur, terutama tidur malam, saya merasakan lapar sekali dan ingin makan sesuatu.
  • Sarapan itu bisa menambah konsentrasi kita saat belajar/ bekerja. Saya mengalaminya sendiri dan telah membuktikannya. Suatu hari saya ada kuliah pagi pukul 07.00 nah, saat itu saya lupa sarapan karena sangat terburu-buru. Dampaknya adalah saya menjadi mengantuk dan otak saya tidak fokus terhadap apa yang dikatakan dosen. Lain halnya ketika saya sarapan terlebih dahulu, Alhamdulilah saya dapat menyerap informasi yang diberikan dosen dengan baik. Coba deh teman-teman terapkan sendiri, saya yakin akan terbukti.

parker

  • Sarapan dapat menghindari kita dari makan berlebihan. Sepertinya seperti puasa, gak sarapan juga jadi ajang bales dendam biasanya. Kita gak sarapan, tapi siangnya makannya sebakul. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari. Saat kita meninggalkan sarapan, kita akan cenderung mengalihkan rasa lapar dengan ngemil sepanjang pagi hingga menjelang makan siang. Dan hal ini akan mendorong kita mencari pelarian lain pada kopi, atau minuman yang mampu meningkatkan energi (semacam sereal).
  • Sarapan juga disebut-sebut dapat membuat badan kita menjadi lebih bugar. Lihat deh perbedaaan orang yang gak sarapan dengan yang sarapan, kayak ayam sayur kan ? :p

Nah,  menyadari pentingnya sarapan makanya saya buat artikel seperti ini. Jika ada artikel-artikel yang lebih baik, lebih bagus ditiru, karena ini hanya berdasar dalam pengalaman saya saja. 8)

original post by rifkiputra

images

Categories: kesehatan | Tags: , , | Leave a comment

Emang FB punya dampak juga ????

dapet pemikiran baru nih, ini juga abis baca berita….

Sekarang ini memang jejaring sosial sedang merebak, tapi saat ini yang sangad membooming pastinya kita tahu, adalah Facebook. Dicatat dalam suatu rekor bahwa terjadi penambahan account sebesar 200rb account perhari dan lebih dari 25juta user aktif di facebook setiap harinya (termasuk saya).

Rata-rata users menghabiskan waktu 19 menit perhari  untuk  melakukan aktivitas di Facebook (FB). tetapi suatu hal tidak lah selalu sempurna, ternyata dibalik kesempurnaannya sebagai jejeraing sosial handal, Facebook juga mempunyai dampak negatif. Apalagi kalo udah ngegame seperti Pet Society atau Travian dan banyak game online lainnya, tentu kita bisa lupa waktu.

Gini, nih, buat teman2 yang gemar berselancar di FB mulai sekrang hati-hati, menurut penelitian para ahli, kecanduan FB bisa menyebabkan kanker, karena menurunkan tingkat kontak fisik. Situs semacam FB atau Friendster (FS) memang dibuat untuk memperkaya kehidupan sosial kita. Namun, kenyataannya malah membuat orang terpisah satu sama lain karena asyik berhubungan virtual.

Menurut seorang ahli psikologis dari Inggris, kita sebut saja Dr. Aric Sigman, fenomena ini menimbulkan efek biologis. Kurangnya pertemuan secara langsung dikatakannya dapat merubah gen,   mengganggu respon kekebalan, level hormon, fungsi arteri dan mempengaruhi keadaan mental. Dampak yang lebih jelas hal-hal tersebut dapat mengakibatkan gangguan kesehatan serius, seperi kanker, demensia sampai stroke.

Menurut Dr. Sigman situs jejaring sosial ini justru membuat orang terisolasi. Bukti nyatanya adalah waktu orang berinteraksi secara langsung menurun drastis (ini saya alami langsung di lingkungan saya). Sebenarnya interaksi sosial memang dibutuhkan, tetapi interaksi nyata dengan orang lain memberi manfaat lebih bagi tubuh dari pada interaksi visual. Dijelaskannya bahwa level hormon atau gen berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh berubah-ubah menurut jumlah waktu yang dihabiskan orang untuk berhubungan secara fisik.

Nah, mungkin kita juga masih sulit untuk meninggalkan hal ini, tetapi, ada baiknnya kita mulai mengurangi porsinya..

🙂

Categories: kesehatan | Tags: , , | Leave a comment

Cara Mengatasi rasa Kantukk

Ngantuk ?!!

aduh, aduh, ini masalah yang kerap kali melanda kita, saya pun sering sekali mengalami rasa kantuk saat saya Kuliah pastinya, saat asik belajar, tiba-tiba sesuatu mendekat dan langsung membuat mata kita memiliki daya setengah watt, siapa dia ?? itu adalah rasa kantuk..

kucing

ada gak sih obat buat penyakit kronis ini ???

Ada banyak cara untuk mengatasi ngantuk. Berikut ini yang dapat Anda lakukan untuk mengusir ngantuk

  1. melakukan senam dengan kata lain adalah dengan banyak gerak, gerakkannya terserah Anda. Yang penting dapat mengusir kantuk.
  2. mencuci muka, ini umum dilakukan tetapi tergantung kecocokan,karena ada juga yang bertambah rasa ngantuknya kalu cuci muka
  3. melakukan perubahan posisi duduk, baik posisi duduknya atau tempat duduknya. Hindari tempat duduk yang membuat Anda aman dari penglihatan orang dan nyaman bagi tubuh Anda. Karena hai ituakan mempercepat datangnya sang kantuk.
  4. menarik napas yang dalam, lakukan beberapa kali.  banyak orang yang senang melakukan cara ini. Selain dapat mengusir  kantuk, juga baik untuk kesehatan.
  5. buka jendela kaca mobil, jika Anda sedang mengendarai mobil. Supaya angin langsung mengenai muka Anda.
  6. oleskan semacam balsem di sekitar mata Anda. Cara ini saat-saat darurat saja. (hati2, nanti malah buta) hehe..
  7. makan cemilan, tapi cara ini jangan dilakukan bagi Anda yang sedang belajar di kelas. Nanti pak guru atau pak dosennya marah.☺
  8. tempelkan sejenis es batu di mata Anda. Beberapa orang senang melakukan cara ini.
  9. mencium wewangian yang tentunya cocok bagi Anda. Bisa juga mencium bau-bauan, tetapi saya tidak merekomendasikan   cara ini (yang ada anda malah tidur deluan).
  10. minum kopi bisa ditambah garam. Lebih aman minum yang segar-segar dan bervitamin.
  11. mengerutkan mata selama kurang lebih 10 detik. Bisa dicoba beberapa kali
  12. full musik, bagi sebagian orang bisa membangkitkan semangat beraktifitas. Sehingga Anda dapat mengucapkan selamat tinggal kantuk (tapi tidak disarankan untuk Anda yang langsung mengantuk jika mendengar musik).
  13. pasang alarm, Anda seting waktunya sesuai kebutuhan Anda. Sehingga pada saat Anda akan terserang kantuk, alarm berbunyi  menyadarkan Anda untuk selalu siap siaga (tapi jangan sekali-sekali memakainya di kelas).
  14. merokok, tetapi saya tidak merekomendasikan cara ini. Tidak baik lho untuk kesehatan.
  15. gosok-gosokkan tangan, lalu usapkan ke muka Anda. Ini adalah cara orang tua dulu.
  16. duduk tegak, supaya badan lebih siap dan fokus pada aktifitas.
  17. bertanya saja, jika Anda sedang belajar di sekolah atau di kampus

47006374baa7043a79bn5

Jadi ?? masi ngantuk juga ?? ya udah obat paling manjur terakhir adalah Tidur aja deehh….

yah, mungkin itu lah tips2 yang bisa saya sharing dengan teman-teman, mudah2an diantara sekian banyak Tips di atas, dapat membantu teman-teman melawan rasa kantuk saat beraktifitas…

🙂

Categories: kesehatan | Tags: , , , | 1 Comment

Lindungi Mata dari Radiasi Komputer!

Mata merupakan salah satu organ penting bagi kehidupan manusia. Dengan mata, manusia bisa bekerja. Dengan mata, manusia bisa melihat keindahan alam yang telah diciptakan Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu, karunia tersebut harus kita rawat sebaik-baiknya. Bekerja di hadapan komputer, menonton TV atau bermain playstation berlebihan bisa membuat mata menjadi lelah. Bila mata lelah, bisa jadi akan mengganggu fungsi mata. apalagi bagi temen-temen mahasiswa nih…

Nah, tahukah teman-teman bahwa radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan monitor komputer bisa mengganggu kesehatan? Studi yang dilakukan American Optometric Association (AOA) mencetuskan bahwa radiasi komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya. Kebanyakan gejala yang dikeluhkan adalah soal kelelahan mata, pandangan menjadi kabur dan mata kering. Masalah visual lainnya yang timbul adalah soal gangguan sakit kepala dan sakit leher atau bahu.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindarinya :

1. Gunakanlah pelindung layar komputer (filter) untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer.

2. Pilih layar komputer yang radiasinya rendah, seperti layar LCD (liquid crystal display).

3. Jagalah jarak pandangan mata dengan monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan monitor komputer adalah 45 cm.

4. Sesuaikan posisi layar komputer dengan mata,

jangan ketinggian dan jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit leher. Selain itu, jika monitor terlalu tinggi dari pandangan mata maka akan menggangu pasokan udara yang disuplai ke otak. Sebaiknya layar monitor diposisikan sejajar dengan pandangan mata. Menurut American Optometric Association (AOA), seperti dilansir Rctimes, untuk mencegah kelelahan mata sebaiknya tempatkan monitor dengan posisi yang ergonomic (tempat duduk harus dibuat senyaman mungkin). Monitor harus ditempatkan pada posisi 16-30 inci dari mata, tergantung seberapa besar layar. Umumnya posisi yang nyaman untuk menatap monitor adalah 20 hingga 26 inci.

5. Sesuaikan pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata. Cahaya yang terlalu terang atau terlalu buram tidak baik bagi kesehatan mata. Pencahayaan yang terlalu terang akan membuat mata menjadi silau, sedangkan pencahayaan yang terlalu buram hanya dan membuat mata bekerja lebih keras untuk melihat. Hal ini akan membuat mata menjadi cepat lelah. Untuk itu, cobalah sesuaikan brightness dan contrast monitor hingga mata Anda bisa melihat dengan nyaman. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan resolusi dengan karakter di monitor agar dokumen-dokumen mudah dibaca mata.

6. Istirahatkan mata sejenak. Jangan terus-terusan melototin layar komputer. Usahakan sediakan waktu beberapa menit untuk mengendorkan dan mengistirahatkan mata Anda. Ini akan mengurangi kepenatan mata dan otot. Segarkan mata dengan cara memandang ke ruangan lain atau memandang indahnya langit biru atau tanaman hijau.

7. Seringlah mengedipkan mata demi menghindari mata menjadi kering. Jarang mengedipkan mata akan membuat mata menjadi kering. Karena itu sering-seringlah mengedipkan mata, karena dengan berkedip maka mata akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan kornea untuk menjaga mata tetap lembab dan jernih.

8. Pakailah kacamata dengan lensa khusus untuk komputer. Seperti pernah diberitakan, ahli masalah mata (Optometrist) Dr. Jay Schlanger mengatakan beberapa perusahaan kini mulai membuat lensa yang bagian atasnya dirancang untuk melihat komputer, dan bagian bawahnya untuk membaca. Pengguna lensa kontak juga punya solusi, yaitu dengan mengganti lensa kontak generasi baru yang terbuat dari silikon hydrogel. “Silikon jenis ini memungkinkan daya transmisi oksigen yang lebih tinggi dibanding jenis lain,” ungkap Schlanger.

9. Perbanyak konsumsi vitamin A agar mata tetap dalam kondisi baik.

10. Jika merasa mata mengalami gangguan, segera pergi ke dokter mata untuk meyakinkan bahwa mata benar-benar sehat.

nah, itu adalah kiat-kiat dari para ahli, untuk kesehatan mata kita, bagi yang suka maen DOTA ampe malem, ini penting nih…

Categories: kesehatan | Tags: | Leave a comment

Emang bener kacang bikin jerawatan ??????

nih, sedikit info aja…

pasti temen-temen banyak nih yang masih ngira kalo makan kacang atau cokelat tuh buat jerawatan…

awalnya sih gw juga terbawa mitos ini, tapi gw gak percaya, masalahnya gw doyan makan cokelat, tapi Alhamdulillah jerwat gw gak banyak (masih mulus lah) ;p

gak sedikit yang percaya mitos kacang dan cokelat menyebabkan jerawat. Wah, padahal pas lebaran dan ulang tahun kamu nanti kedua makanan ini sering dihidangkan saat bersilaturahmi atau diberikan oleh orang yang katanya “spesial”, martabak kale yah ?

jadi,Bagaimana ini?

Sebenarnya belum ada penelitian yang membuktikan mengonsumsi kacang dan cokelat, juga makanan pedas bisa menyebabkan jerawat. Karena penyebab jerawat adalah meningkatnya kadar minyak dan adanya sumbatan pori-pori. Selain kurang menjaga kebersihan kulit, penggunaan kosmetik yang menyumbat pori juga bisa membuat jerawat timbul.

Agar jerawat tidak sampai mengganggu penampilan, Anda bisa mencegahnya.

Caranya dengan menghindari konsumsi buah-buahan dari golongan sitrus (jeruk) dan makanan tinggi yodium seperti udang, kerang, dan cumi-cumi. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial yang berasal dari biji-bijian.

Stres dan kurang tidur juga bisa membuat jerawat muncul, lho. Bila kita kurang tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon seperti DHEA yang akan membuat jerawat semakin parah.

Jadi, silakan saja mengonsumsi kacang atau cokelat, selama tidak berlebihan. Semoga si jerawat takkan muncul.

Categories: Artikel sehari-hari, kesehatan | Tags: , , , , , | Leave a comment

Blog at WordPress.com.