Daily Archives: April 1, 2009

Lindungi Mata dari Radiasi Komputer!

Mata merupakan salah satu organ penting bagi kehidupan manusia. Dengan mata, manusia bisa bekerja. Dengan mata, manusia bisa melihat keindahan alam yang telah diciptakan Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu, karunia tersebut harus kita rawat sebaik-baiknya. Bekerja di hadapan komputer, menonton TV atau bermain playstation berlebihan bisa membuat mata menjadi lelah. Bila mata lelah, bisa jadi akan mengganggu fungsi mata. apalagi bagi temen-temen mahasiswa nih…

Nah, tahukah teman-teman bahwa radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan monitor komputer bisa mengganggu kesehatan? Studi yang dilakukan American Optometric Association (AOA) mencetuskan bahwa radiasi komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya. Kebanyakan gejala yang dikeluhkan adalah soal kelelahan mata, pandangan menjadi kabur dan mata kering. Masalah visual lainnya yang timbul adalah soal gangguan sakit kepala dan sakit leher atau bahu.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindarinya :

1. Gunakanlah pelindung layar komputer (filter) untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer.

2. Pilih layar komputer yang radiasinya rendah, seperti layar LCD (liquid crystal display).

3. Jagalah jarak pandangan mata dengan monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan monitor komputer adalah 45 cm.

4. Sesuaikan posisi layar komputer dengan mata,

jangan ketinggian dan jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit leher. Selain itu, jika monitor terlalu tinggi dari pandangan mata maka akan menggangu pasokan udara yang disuplai ke otak. Sebaiknya layar monitor diposisikan sejajar dengan pandangan mata. Menurut American Optometric Association (AOA), seperti dilansir Rctimes, untuk mencegah kelelahan mata sebaiknya tempatkan monitor dengan posisi yang ergonomic (tempat duduk harus dibuat senyaman mungkin). Monitor harus ditempatkan pada posisi 16-30 inci dari mata, tergantung seberapa besar layar. Umumnya posisi yang nyaman untuk menatap monitor adalah 20 hingga 26 inci.

5. Sesuaikan pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata. Cahaya yang terlalu terang atau terlalu buram tidak baik bagi kesehatan mata. Pencahayaan yang terlalu terang akan membuat mata menjadi silau, sedangkan pencahayaan yang terlalu buram hanya dan membuat mata bekerja lebih keras untuk melihat. Hal ini akan membuat mata menjadi cepat lelah. Untuk itu, cobalah sesuaikan brightness dan contrast monitor hingga mata Anda bisa melihat dengan nyaman. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan resolusi dengan karakter di monitor agar dokumen-dokumen mudah dibaca mata.

6. Istirahatkan mata sejenak. Jangan terus-terusan melototin layar komputer. Usahakan sediakan waktu beberapa menit untuk mengendorkan dan mengistirahatkan mata Anda. Ini akan mengurangi kepenatan mata dan otot. Segarkan mata dengan cara memandang ke ruangan lain atau memandang indahnya langit biru atau tanaman hijau.

7. Seringlah mengedipkan mata demi menghindari mata menjadi kering. Jarang mengedipkan mata akan membuat mata menjadi kering. Karena itu sering-seringlah mengedipkan mata, karena dengan berkedip maka mata akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan kornea untuk menjaga mata tetap lembab dan jernih.

8. Pakailah kacamata dengan lensa khusus untuk komputer. Seperti pernah diberitakan, ahli masalah mata (Optometrist) Dr. Jay Schlanger mengatakan beberapa perusahaan kini mulai membuat lensa yang bagian atasnya dirancang untuk melihat komputer, dan bagian bawahnya untuk membaca. Pengguna lensa kontak juga punya solusi, yaitu dengan mengganti lensa kontak generasi baru yang terbuat dari silikon hydrogel. “Silikon jenis ini memungkinkan daya transmisi oksigen yang lebih tinggi dibanding jenis lain,” ungkap Schlanger.

9. Perbanyak konsumsi vitamin A agar mata tetap dalam kondisi baik.

10. Jika merasa mata mengalami gangguan, segera pergi ke dokter mata untuk meyakinkan bahwa mata benar-benar sehat.

nah, itu adalah kiat-kiat dari para ahli, untuk kesehatan mata kita, bagi yang suka maen DOTA ampe malem, ini penting nih…

Advertisements
Categories: kesehatan | Tags: | Leave a comment

TEKNIK MEMBACA PIKIRAN ORANG

Banyak orang bilang membaca pikiran adalah pekerjaan seorang psikolog, paranormal atau bahkan dukun. Namun, percaya atau tidak, dalam kehidupan sehari-hari, kita semua adalah seorang pembaca pikiran. Sebab, tanpa kemampuan untuk mengetahui pikiran serta perasaan orang lain, kita semua tak akan mampu menghadapi situasi sosial semudah apapun. Dengan membaca pikiran, kita dapat membuat perkiraan tentang tingkah laku seseorang lalu membuat kita dapat menentukan keputusan berikutnya.

Bagaimana Membaca Pikiran?

Membaca bahasa tubuh adalah komponen inti dari membaca pikiran. Lewat bahasa tubuh, kita bisa mengetahui emosi dasar seseorang. Peneliti menemukan bahwa ketika seseorang mengamati gerak tubuh orang lain, mereka dapat mengenali emosi sedih, marah, gembira, takut dll, bahkan ketika pengamatan hanya dilakukan dengan pencahayaan yang minim.

Ekspresi wajah juga merupakan penanda bagi kita untuk dapat mengetahui apa yang dipikirkan orang lain.Salah satu sumber yang kaya akan penanda ini adalah mata seseorang; otot-otot di sekitar mata. Mata seseorang adalah sumber penanda yang paling kaya jika dibandingkan bagian lain yang ada di wajah. Contohnya: mata yang turun ketika sedih, terbuka lebar ketika takut, terlihat tidak fokus kala sedang berkhayal, menatap tajam penuh kecemburuan, atau menatap sekitarnya ketika tidak sabar.

Kita dapat semakin tahu pikiran orang lain dari hal-hal yang ada dalam percakapan—kata-kata, gerak tubuh, dan nada suara. Namun diantara ketiganya, isi pembicaraan menjadi komponen terpenting dalam membaca pikiran dengan baik.

Menjadi Pembaca Pikiran Ulung

Lalu, bagaimana kita bisa menjadi seorang pembaca pikiran yang lebih baik? Tim dari Psychology Today telah merumuskan beberapa hal yang bisa membantu kita membaca pikiran.

1. Kenalilah orang lain. “Kemampuan membaca pikiran akan meningkat, semakin kita mengenal lawan bicara kita,” kata William Ickes. Jika kita berinteraksi dengan seseorang selama kurang lebih sebulan, kita akan lebih mudah untuk mengenali apa yang ia pikirkan dan rasakan. Hal tersebut dapat terjadi karena: kita mampu mengartikan kata-kata dan tidakan orang lain dengan lebih tepat, setelah mengamatinya dalam berbagai situasi; kedua, kita mengetahui apa yang terjadi dalam hidup mereka, dan mampu menggunakan pengetahuan itu untuk memahami mereka dalam konteks yang lebih luas.

2. Minta umpan balik. Penelitian menunjukkan bahwa kita dapat meningkatkan kemampuan membaca dengan cara menanyakan kebenaran dari tebakan kita. Misalnya, “Saya mendengar, sepertinya Engkau sedang marah. Benar tidak?”Perhatikan bagian atas dari wajah. Emosi yang palsu, biasanya diungkapkan pada bagian bawah wajah seseorang. Sedangkan, menurut Calin Prodan—profesor neurologi di University of Oklahoma Health Sciences Center, emosi utama bisa dilihat dari sebagian ke atas wajah, biasanya di sekitar mata.

3. Lebih ekspresif. Ekspresivitas emosi cenderung timbal balik. Ross Buck, “semakin kita ekspresif, semakin banyak pula kita akan mendapat informasi mengenai kondisi emosional dari orang lain di sekitar kita.”

4. Santai. Menurut Lavinia Plonka, pengarang Walking Your Talk, seseorang cenderung “menyamakan diri” dengan lawan bicaranya melalui postur tubuh dan pola napas. Jika anda merasa tegang, teman bicara anda bisa saja, secara tak sadar, menjadi tegang pula lalu terhambat, dan akhirnya menjadi sulit untuk dibaca. Ambillah napas panjang, senyumlah, dan coba untuk menampilkan keterbukaan dan penerimaan kepada siapapun yang bersama anda.

Nah, mungkin itu hanya beberapa artikel yang saya temukan dari sumber-sumber artikel yang pernah say abaca. Jika ingin dipraktikkan lebih baik lagi, saya hanya mensharing pengetahuan.

Sumber Pustaka

Mind Reading – Psychology Today

How To Be a Better Mind Reader – Psychology Today

Categories: psikologi | Tags: , , , | Leave a comment

Renungan

aneh tapi nyata…

sebenarnya saya baru mendapatkan ide untuk menulis artikel ini setelah saya melihat seseorang memposting hal serupa..

saya adalah orang islam, tetapi saya merasa kurang pantas disebut orang islam (mukmin), karena saya masih banyak kekurangan seperti hal-hal berikut.

mungkin sudah saatnya kita merenungi fakta berikut…

memang lucu,

uang Rp 20rb terasa begitu besar bila dibawa ke kotak amal mesjid, tapi begitu kecil bila kita bawa ke supermarket.

memang lucu,

45 menit terasa terlalu lama untuk berzikir, tetapi betapa pendeknya waktu itu untuk pertandingan sepakbola.

memang lucu,

betapa lamanya 2 jam berada di Masjid,

tapi betapa cepatnya 2 jam berlalu saat menikmati pemutaran film di bioskop

memang lucu,

susah merangkai kata untuk dipanjatkan saat berdoa atau sholat,

tapi betapa mudahnya cari bahan obrolan (gossip)bila ketemu teman

memang lucu,

betapa serunya perpanjangan waktu dipertandingan badminton favorit kita,

tapi betapa bosannya bila imam sholat Tarawih bulan Ramadhan kelamaan bacaannya.

memang lucu,

susah banget baca Al-Quran 1 juz saja,

tapi novel best-seller lebih dari 100 halaman pun habis dilalap

memang lucu,

orang-orang pada berebut paling depan untuk nonton konser,

tapi berebut cari shaf paling belakang bila Jumatan agar bisa cepat keluar

memang lucu,

kita perlu undangan pengajian 3-4 minggu sebelumnya agar bisa disiapkan di agenda kita,

tapi untuk acara lain jadwal kita gampang diubah seketika

memang lucu,

susahnya orang mengajak partisipasi untuk dakwah,

tapi mudahnya orang berpartisipasi menyebar gossip

memang lucu,

kita begitu percaya pada yang dikatakan koran,

tapi kita sering mempertanyakan apa yang dikatakan Al Quran

memang lucu,

kita bisa ngirim ribuan jokes lewat email,

tapi bila ngirim yang berkaitan dengan ibadah sering mesti berpikir dua-kali

memang lucu,

semua orang penginnya masuk surga tanpa harus beriman, berpikir, berbicara ataupun melakukan apa-apa

tapi….

jadi memang lucu kan?!

Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang mu’min

bahwa sesungguhnya bagi mereka karunia yang besar dari Allah. (QS. 33:47)

kata-kata di atas saya kutip dari sebuah tulisan orang bernama Zulivo, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi bahan renungan bagi kita, khususnya umat muslim

AMIN.

penyunting : rifki putra

Categories: Artikel sehari-hari | Tags: | Leave a comment

Emang bener kacang bikin jerawatan ??????

nih, sedikit info aja…

pasti temen-temen banyak nih yang masih ngira kalo makan kacang atau cokelat tuh buat jerawatan…

awalnya sih gw juga terbawa mitos ini, tapi gw gak percaya, masalahnya gw doyan makan cokelat, tapi Alhamdulillah jerwat gw gak banyak (masih mulus lah) ;p

gak sedikit yang percaya mitos kacang dan cokelat menyebabkan jerawat. Wah, padahal pas lebaran dan ulang tahun kamu nanti kedua makanan ini sering dihidangkan saat bersilaturahmi atau diberikan oleh orang yang katanya “spesial”, martabak kale yah ?

jadi,Bagaimana ini?

Sebenarnya belum ada penelitian yang membuktikan mengonsumsi kacang dan cokelat, juga makanan pedas bisa menyebabkan jerawat. Karena penyebab jerawat adalah meningkatnya kadar minyak dan adanya sumbatan pori-pori. Selain kurang menjaga kebersihan kulit, penggunaan kosmetik yang menyumbat pori juga bisa membuat jerawat timbul.

Agar jerawat tidak sampai mengganggu penampilan, Anda bisa mencegahnya.

Caranya dengan menghindari konsumsi buah-buahan dari golongan sitrus (jeruk) dan makanan tinggi yodium seperti udang, kerang, dan cumi-cumi. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial yang berasal dari biji-bijian.

Stres dan kurang tidur juga bisa membuat jerawat muncul, lho. Bila kita kurang tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon seperti DHEA yang akan membuat jerawat semakin parah.

Jadi, silakan saja mengonsumsi kacang atau cokelat, selama tidak berlebihan. Semoga si jerawat takkan muncul.

Categories: Artikel sehari-hari, kesehatan | Tags: , , , , , | Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.